Selasa, 23 Juni 2009

CARA JADI EO (EVENT ORGANIZER)





CARA JADI EVENT ORGANIZER


PENGERTIAN:
  • Peraturan EO ini kami buat untuk para EO baru, mereka yang ingin menjadi event organizer sebagai pilihan kemandiriannya dalam mencari uang. DNA!COM membuat aturan ini agar Anda punya gambaran bagaimana mendirikan bisnis Event Organizer (EO) dengan biaya kecil namun hasilnya besar.

  • Kami ingatkan kepada Anda, sebuah usaha yang bermodal kecil tentunya membutuhkan keseriusan Anda penuh, kesungguhan dan perhatian. Jika anda melakukannya sambil jalan, percayalah anda tidak akan sukses. Kami memberi kesempatan anda masuk dalam bisnis EO karena kami percaya banyak orang yang tidak punya modal yang tapi ingin bisa berwira usaha dengan modal yang kecil. Kalau Anda serius bergabunglah menjadi EO kami.

  • Bagi EO besar petunjuk ini bisa menjadi bahan acuan bahwa dengan modal kecil dan tanpa pengalaman saja bisnis ini bisa menguntungkan dengan baik, apalagi jika anda punya modal besar dan pengalaman, kami yakin anda akan sangat sukses bekerjasama dengan kami.

  • Baik EO besar maupun kecil harus dapat melihat bisnis ini tidak murni sebagai bisnis melainkan bisnis yang diiringi dengan missi sosial yakni mengantarkan masyarakat Indonesia menjadi bangsa yang cerdas, mandiri, sejahtera, dan berbudi luhur. Untuk menjadi kaya, anda harus membuat orang kaya lebih dulu. Keluarkan uang anda sebagai modal dengan niatan membantu orang lain. Percayalah jika ini anda lakukan anda akan sukses.


PUBLIC DAN INHOUSE TRAINING

  • Event Organizer atau disingkat EO adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganizer pelaksanaan pelatihan yang pembicaranya berasal dari DNA!COM.

  • Pelatihan dibagi dalam dua pengertian; IT (Inhouse Training) dan PT (Public Training).

  • Inhouse Training adalah pelatihan yang terjadi atas permintaan suatu komunitas tertentu apakah itu lembaga profit ataupun nonprofit.

  • Public Training adalah pelatihan yang dengan sengaja diorganizir oleh EO dengan mengundang masyarakat umum untuk mengikutinya.Biaya pelatihan bervariasi. Untuk guru per orang umumnya antara Rp 75.000 sampai Rp 150.000. Untuk pelajar antara Rp 20.000 sd. Rp 35.000 (khuisus untuk sekolah besar bisa sampai Rp 75.000), untuk umum Rp 75.000 sd. 250.000,-
  • Untuk public training, bagi hasil untuk pembicara adalah 25% dari penerimaan bersih. Penerimaan bersih adalah penerimaan kotor dikurangi dengan biaya marketing atau disc (maks 20%) sisanya disebut hasil bersih. Dari hasil bersih ini 25% menjadi hak pembicara.
  • Discount dapat diberikan kepada pihak ketiga yang membantu dalam hal promosi, peserta gaet peserta, sekolah yang total tidak lebih dari 20%, pembelian 10 gratis 1 (ini disebut biaya marketing). Bila biaya kurang dari Rp 75.000, carilah gedung yang biayanya antara Rp 400 ribu sampai paling mahal Rp 1.000.000.
  • EO harus selain harus menanggung biaya transportasi dan akomodasi pembicara juga harus menyiapkan biaya pelatih dasar yakni Rp 2 juta. Jika ternyata hasil 25% untuk pembicara tidak terpenuhi (misalnya hanya Rp 1 juta, maka Anda tidak perlu membayar lagi kepada pembicara, tapi Rp 2 juta menjadi milik pembicara tanpa ada kewajiban pembicara mengembalikannya. Tapi jika ternyata bagian pembicara seharusnya Rp 3 juta, maka EO membayar kekurangannya Rp 1 juta lagi.

  • Lakukan pelatihan pukul 08.00 sd 12.00 atau 13.30 sd. 17.00 WIB. Boleh dengan 2 sesi sekaligus tapi dengan audiens yang berbeda (misal pagi guru, siang para medis). Ini untuk menghindarkan makan siang yang menjadi komponen besar. Berikan minuman dan snack sederhana.Kewajiban EO Menyelenggarakan pelatihan dengan topic yang telah ditetapkan bersama antara EO dan DNA!COM Pusat dan waktu yang disediakan pusat.

  • Dalam menyelenggarakan inhouse training, EO yang berada di suatu kabupaten wajib berkoordinasi dengan pihak perwakilan DNA!COM di wilayahnya agar tidak terjadi penawaran yang tumpang tindih. Perwakilan berkoordinasi dengan DNA!COM Pusat. Dalam hal public training, EO dapat mengadakan pelatihan setelah berkonsultasi dengan perwakilan DNA!COM. Perwakilan dimaksud adalah perwakilan aktif di mana perwakilan sebelum ada EO juga telah aktif. Jika perwakilan tidak aktif maka EO tidak perlu bekerjasama dengan perwakilan tersebut.

  • Dalam hal public training EO hanya perlu memberikan bagi hasil untuk pembicara sebesar 25% dari penerimaan bersih EO (penerimaan bersih adalah penerimaan kotor dikurangi biaya marketing seperti discount atau komisi marketing). Selebihnya menjadi hak EO. Akomodasi, transportasi dan konsumsi pelatih selama di tempat pelatihan ditanggung oleh EO. Sekalipun sistem bagi hasil, namun EO wajib memberikan biaya dasar untuk pelatih Rp 2 juta untuk public training. Uang harus dibayarkan saat membooking pembicara. Apabila terjadi untung, maka kekurangan pembayaran dihitung setelah acara sedangkan jika terjadi kerugian maka Rp 2 juta adalah menjadi hak pembicara.

  • Bila pembicara senior atau DNA!COM menunjuk pelatih lain termasuk pelatih madya, maka bagi hasil antara pihak DNA!COM dan pembicara yang ditunjuk adalah urusan antara pihak pembicara dan DNA!COM.

  • Pembayaran dapat dilakukan ke DNA!COM atau melalui pelatih.Di setiap pelatihan DNA!COM menyediakan diktat yang bisa dibeli oleh pihak EO dengan harga Rp 5.000/ makalah dengan gratis kartu alumni.

  • EO wajib menyesuaikan jadwal pelatihan yang diselenggarakannya dengan pelatih yang ada di DNA!COM, khususnya pelatih utama atau senior.
  • Untuk inhouse training, biaya yang harus dibayarkan minimal kepada pembicara atau DNACOM rumusnya adalah 2, 4, 6 dan 3, 6, 9. 2-3 (dalam hitungan juta, untuk pelajar, 4 juta -6 juta untuk umum (organisasi non bisnis), 6-9 untuk perusahaan. Ini disebut biaya tertinggi dan terendah. Jika EO menawarkannya dengan harga tertingi, maka harga tertinggi - harga terendah adalah milik EO. Misal Rp 3 juta - Rp 2 juta = Rp 1 juta milik EO. Untuk perusahaan menjual Rp 9 juta - hak pelatih Rp 6 juta maka hak EO Rp 3 juta. Jika EO bisa menjual lebih tinggi dari harga tertinggi aturannya dibagi 2 atau 3. Misal, dijual dengan harga Rp 5 juta. Maka Rp 2 juta yang menjadi kelebihannya dibagi 2 yakni DNA dan EO. Jika kelebihan itu untuk sekolah, maka pihak sekolah mendapatkan 50% yakni Rp 1 juta, dan EO mendapatkan 25% (Rp 500 ribu), DNA 25% (Rp 500.000). Bila biaya traonportasi termasuk di dalam Rp 5 juta. Maka bagi hasilnya dikurangi dulu dengan biaya tiket dan akomodasi. Untuk lembaga non-sekolah Rp 6 juta dengan biaya minimal Rp 4 juta. Untuk corporate atau lembaga bisnis Rp 9 juta dengan penawaran minimal Rp 6 juta. Jika Anda hanya bisa menawarkan biaya minimal, maka Anda hanya akan mendapatkan 20% dari biaya minimal yang dibayarkan oleh klien. Pembayaran biaya minimal sangat berimplikasi pada pelatih yang dikirim, besar kemungkinan jika pelatih utama tidak bisa akan dikirim pelatih madya.
  • Seluruh pembayaran untuk pelatih baik utama atau madya diberikan kepada DNA Community Pusat. DNA Community Pusat yang akan membagikannya ke pelatih yang ditunjuk.

Hak EO

  • EO public training berhak atas semua pendapatan setelah membagi 25% untuk pembicara.Undangan, brosur, iklan dll menjadi tanggung jawab EO, namun untuk pengadaan sertifikat, kartu alumni dll. Menjadi tanggung jawab DNA!COM.

  • EO dibolehkan mencetak sertifikat sepanjang menggunakan standard DNA!COM.

  • EO tidak memiliki hak untuk mengadakan TOT (Training of Trainer). Yang berhak mengadakan TOT adalah perwakilan.

PRA ACARA
  • Untuk bisa sukses menjalankan EO di wilayahnya masing-masing para EO wajib melakukan petunjuk yang dibakukan berdasarkan pengalaman. Dalam mengundang guru ada EO kami yang sukses bekerjasama dengan orang-orang diknas secara perseorangan. Bila secara kelembagaan, biasanya lebih rumit. Sebaiknya tidak perlu kerjasama secara lembaga jika Diknas tidak bersedia membantu publikasi. Kemudian lakukanlah survey tempat. Gunakan gedung yang murah jika biaya pelatihan kurang dari Rp 150.000. . Setelah tempat pelatihan di dapat, maka selanjutnya mencetak brosur. Setelah brosur selesai dicetak maka brosur dibagikan langsung ke calon audiens atau leader-leader dari audiens.

  • Penyebaran brosur dilakukan dengan sistem kanvas. Tim anda menyebar brosur 2-3 kali di tempat yang sama. Misal brosur, poster, dan surat pengantar ke kepala sekolah disebarkan pertama kali – H 30 (30 hari sebelum acara). Kemudian menyebarkan ulang min H 7 atau – H2.. Brosur mencantumkan tempat pendaftaran dan nomor telepon serta pendaftaran via sms. Daftar alamat sekolah dapat diminta di Diknas atau search dari komputer.

  • Siapkan formulir pendaftaran yang menyatakan si pendaftar harus menggunakan huruf cetak (agar penulisan di sertifikat tidak salah). Formulir ini dititipkan di lembaga-lembaga yang menyatakan bersedia menjadi tempat pendaftaran.

  • EO dapat melakukan kerjasama dengan sponsor, DNA berhak mendapatkan 30% dari sisa sumbangan sponsor. Pelatih dapat menjual buku-bukunya, dan EO dapat membantu menjualkan dengan komisi sampai 20% jika buku itu diterbitkan sendiri oleh DNA!COM. Dan 10% jika buku diterbitkan oleh penerbit lain.


KETIKA ACARA
  • EO harus menyiapkan tim yang cukup untuk melakukan aktivitas pendaftaran ulang dan penerima tamu. Panitia harus menyiapkan formulir dengan kolom untuk diisi huruf balok untuk menuliskan nama peserta dengan huruf cetak agar tidak ada kesalahan pada penulisan huruf.

  • Panitia harus menyiapkan kelengkapan pelatihan seperti sound system yang bisa dihubungkan dengan laptop dengan kabel RCA. Jika ada LCD siapkan, jika tidak pembicara dapat membawa dengan biaya Rp 100 ribu per hari.

  • Staf lainnya seperti bagian pengurusan konsumsi, peralatan pelatihan, dokumentasi, pembuat sertifikat, dll. PASCA ACARA Diusahakan sertifikat dapat diselesaikan pada saat acara sehingga para peserta pulang sudah mendapatkan sertifikat yang sudah ada nama mereka. Naskah bunyi redaksional sertifikat disiapkan oleh DNA!COM Pusat.

  • Petugas membantu mengemasi barang panitia dan pembicara setelah pelatihan usai.


PERHATIAN:
  • Pengalaman menunjukkan EO yang mengandalkan iklan tanpa mau susah payah mencari peserta sulit dapat berhasil. Mereka harus melakukan kunjungan langsung dan menawarkan pelatihan ke pihak yang berpengaruh dengan memberikan komisi 5% - 10% atau 20%.

  • Sasaran yang paling tepat untuk peserta pelatihan adalah: 1. Para guru, 2. mahasiswa, 3. Pelajar, 4. Komunitas MLM. Para guru memiliki budget untuk mengikuti pelatihan, dan mereka selain haus ilmu pengetahuan juga membutuhkan adanya sertifikat dalam rangka kenaikan pangkat mereka.

  • Tim Anda minimal terdapat Anda sendiri, seseorang yang Anda andalkan karena banyak jaringannya dengan peserta, beberapa staf. Pembagiannya bagian Anda terbesar pertama, bagian ke dua mitra Anda yang memiliki jaringan tadi, bagian ketiga dibagi rata adalah orang yang membantu Anda.

  • Setelah itu sisihkan keuntungan. Kalau bisa salah satu tim Anda harus punya mobil agar Anda bisa menyewanya dengan lebih murah namun tetap memberikan bagi hasil kepadanya di luar komisi bagi hasil.

  • Jika Anda menetapkan biaya kurang dari Rp 100 ribu maka jumlah peserta harus minimal 100 orang. Salah satu EO kami di Bantul mampu mendatangkan antara 150 orang sampai dengan 500 orang, di daerah yang bahkan pedesaan.


CATATAN:
  1. DNACOM telah menerbitkan VCD Brain Power untuk mereka yang ingin mengulang pelajaran atau untuk mereka yang belum mengikuti pelatihan. Siapa pun dilarang menggandakan VCD dan buku-buku DNACOM atau menirunya untuk diajarkan tanpa izin tertulis dari DNACOM. Pelanggaran atas permintaan ini adalah pelanggaran terhadap UU Hak Cipta. Pelakunya dapat dipenjara 5 tahun dan didenda Rp 500 juta. Kami juga meminta bantuan anggota dan masyarakat di mana pun dan Anda untuk membantu kami mengawasi pembajakan karya intelektual ini. Jika Anda bermaksud menjual, maka Anda dapat mengatur sharing penjualan dan pelatihan kepada kami melalui perjanjian tertulis. Yang dibolehkan untuk digandakan adalah VCD ROAD SHOW untuk kepentingan promosi EO.
    2. Sampai saat ini perwakilan yang disetujui sebagai perwakilan propinsi adalah Sumatra utara dan Yogyakarta. Ada 1-2 perwakilan propinsi yang sedang dipertimbangkan untuk digantikan karena tidak pernah aktif lebih dari 6 bulan. Perjanjian kami untuk mengganti perwakilan tersebut maka kami mengembalikan biaya perwakilan mereka setelah dikurangi hak-hak yang mereka telah ambil. Perwakilan di propinsi lain belum Anda, Anda masih berpeluang untuk mengambilnya. Perwakilan propinsi akan membawahi seluruh perwakilan kabupaten/kota madya.

PROPOSAL UNTUK PELAJAR

Mau usaha tanpa modal? Anda bisa mencoba menawarkan pelatihan kami ke sekolah SMP dan SMA atau umum dengan proposal yang dapat Anda ambil atau download dari:yahoo.com sign in id: infodnacom1 pasword brainpower.
Film klipnya silakan anda download dari http://www.youtube.com/watch?v=OiXfjg6xu2U film ini anda buatkan vcd sehingga bisa diputar di vcd atau dvd player.


Untuk penjadwalan Training oleh pelatih utama atau pelatih madya dan pelatih pratama silakan konfirmasikan waktu dan tempatnya kepada: Direktur DNA COM di 0819681618 atau 081380642200.
Revisi 10/7/09

1 komentar:

  1. perkenankan kami dari Asindo Comunication yang merupakan sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang Exhibition, event organizer, event contractor, interior & exterior contractor, graphic design & advertising
    info lebih lanjut bisa hubungi saya di 08983797360 atau di 085707533470
    ini juga saya lampirkan company profil dari perusahaan kami

    https://www.dropbox.com/s/ld44i12dl8gp3df/Company%20Profile.pdf?m=

    BalasHapus